Rabu, 10 Februari 2010

ARCH linux

Arch menyajikan lingkungan instalasi yang sederhana  dikompilasi untuk arsitektur i686/x86-64. Arch itu ringan, fleksibel, dan simpel. Desain filosofinya dan implementasinya membuatnya mudah untuk dikembangkan and dibentuk menjadi sistem apapun yang Anda buat--dari konsol minimalis hingga desktop mewah yang kaya fitur. Daripada nantinya harus membuang paket-paket yang tidak diinginkan. Arch menyediakan power user kemampuan untuk membangun sistem.


Arch Linux berusaha untuk menyediakan versi stabil terbaru dari perangkat lunak berdasarkan sistem rolling-release. Saat ini kami mendukung set paket core untuk sistem dasar i686 dan x86-64, ribuan tambahan, paket binary berkualitads tinggi dari pengembang dan repositori pengguna, serta ribuan script PKGBUILD untuk membangun dan memaketkan dari kode sumber. Arch menyediakan software vanilla, non-patched; paket-paket yang ditawarkan adalah murni dari upstream, sebagaimana awalnya itu ditujukan untuk didistribusikan. Patch hanya terjadi dalam berberapa kasus, untuk mencegah kerusakan parah. Contohnya ketidakcocokan versi yang mungkin terjadi dalam model rolling release. Arch juga menyediakan fitur-fitur baru yang tersedia untuk pengguna GNU/Linux, termasuk filesystem modern (Ext2/3/4, Reiser, XFS, JFS), LVM2/EVMS, software RAID, dukungan udev dan initcpio, serta kernel terbaru.

Harap disadari bahwa instalasi Arch Linux mungkin sangat berbeda dengan distro lain , khususnya bagi pemula. Sistem Arch Linux dibangun oleh pengguna, dari installer, sampai base system dengan hanya menggunakan shell bash dan beberapa tools dasar sistem saja. Dari command line,  dapat menambahkan paket dari Arch repositories menggunakan pacman melalui sambungan internet, sampai sistem  sesuai dengan kebutuhan anda.sistem yang fleksibel,anda akan mengetahui apa yang ada di dalam sistem yang digunakan













                                 

Tidak ada komentar: